Cute Cherry Dunia Kecilku: Ringkasan Nabi Sulaiman Mendengar kata Landak

Minggu, 20 November 2011

Ringkasan Nabi Sulaiman Mendengar kata Landak




          Nabi Sulaiman AS, diberi oleh Raja Jin sebuah bejana kecil yang berisi ma’al hayat. Lalu Nabi bertanya pada menterinya yang bernama Asad, apa khasiat air itu, Asadpun menjawab bahwa air itu dapat membuat peminumnya kekal hidup di dunia hingga hari kiamat.
          Kemudian Nabi sulaiman bertanya pada menterinya bernama Jin Afrit, apa khasiat air itu, Jin Afrit menjawab supaya segala penyakit dalam tubuh Nabi sulaiman hilang. Lalu beliau bertanya lagi pada Burung Ukab, apakah dia harus meminum air itu atau tidak. Burung Ukab menjawab sebaiknya beliau meminum agar beliau tetap awet muda.

          Kemudian, beliau bertanya lagi pada Menteri Asad dengan pertanyyan yang sama. Menteri Asad menjawab, sebaiknya Nabi Sulaiman meminumnya agar parasnya bertambah baik tetapi Menteri Asad berkata agar sebaiknya Nabi Sulaiman bertanya kepada landak, binatang yang paling bijaksana serta berakal.
          Maka Nbi Sulaiman menyuruh kuda untuk memanggil landak dilubangnya namun landak itu tidak mau datang. Lalu beliau menyuruh anjing untuk memanggil landak dan landak itupun mau datang.
          Lalu Nabi Sulaiman bertanya, mengapa landak hanya mau dipanggil oleh anjing. Si landak menjawab bahwa jika kuda yang memanggil dan landak tidak mau dating, kuda tidak akan memfitnah landak dan berkata yang sejujurnya kepada Nabi Sulaiman. Sementara jika anjing yang memanggil dan landak tidak mau dating, anjing pasti akan memfitnah landak dihadapan Nabi Sulaiman karena anjing adalah binatang yang hina. Nabi Sulaiman takjub mendengar jawaban landak dan beliau langsung bertanya, apakah dia harus meminum air itu atau tidak. Landakpun menjawab jika Nabi meminum air itu maka ia akan kekal hingga kiamat namun, anak istri, serta pengawal-pengawal, dan sahabat beliau akan mati. Setelah mendengar semua penjelasan si landak, Nabi Sulaiman sadar dan mengerti, beliau menuruti untuk tidak meminum air itu.


Tokoh:
1. Nabi Sulaiman             : arif, bijaksana, mendengarkan pendapat orang lain, dan tidak mudah mengambil keputusan
2. Raja Jin                       : baik
3. Asad                           : baik
4. Afrit                            : baik dan tunduk
5. Ukab                           : baik dan tunduk
6. Landak                        : berakal dan bijaksana
7. Kuda                           : mulia
8. Anjing                         : hina

Nilai:
1.     Nilai moral:
-         berpikir sebelum mengambil keputusan
-         baik jika meminta pendapat kepada orang lain tentang masalah yang tidak dapat kita pecahkan
2.     Nilai social:
-         menurut perintah atasan



0 komentar:

Poskan Komentar